Gathering Kepariwisataan, Pendidikan Karakter Mengenal Lingkungan

Sambutan Wakil Bupati Batang - Bapak H. Soetadi, S.H., M.M. saat pembukaan Gathering Kepariwisataan

Rabu, 24 Februari 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang menggelar kegiatan Gathering Kepariwisataan di Resto Batang Dolphin Center (Taman Safari Indonesia 4). Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang terdiri dari Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, dan Perwakilan dari OSIS SLTA.

Dibuka oleh Wakil Bupati Batang, Bapak H. Soetadi, S.H., M.M. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Kabupaten Batang memiliki potensi yang luar biasa. Menurutnya Batang adalah Kota Seribu Curug dikarenakan keberadaan curug (air terjun) yang jumlahnya banyak. Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa sebelum mengenal wisata daerah lain, lebih baik mengenal wisata daerah sendiri. Itu merupakan pendidikan karakter yaitu mengenal lingkungan.

Kepala Bidang Promosi dan Pengembangan SDM Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang, Karunia Endah Sabati, S.E., bertindak sebagai panitia penyelenggara melaporkan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan dan menginformasikan obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Batang, mempertemukan pengusaha pariwisata dengan wisatawan yaitu Kepala sekolah dan murid, menumbuhkan rasa bangga dan cinta  siswa-siswi TK, SD, SMP, SMA terhadap obyek wisata yang dipunyai Kabupaten Batang. 

Pada acara inti, PLT Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang, M. Isnanto, M.Si., menyampaikan materi tentang Peraturan Bupati Batang Nomor 52 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Batang. Pendidikan Karakter yang dimaksud salah satunya mengenai lingkungan. Dalam hal ini lingkungan dapat berupa potensi daerah atau pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bambang Supriyanto, S.H., M.Hum. mengenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Batang. Disampaikan bahwa disamping potensi pariwisata yang sangat kaya di Kabupaten Batang juga ditemui kendala berupa akses menuju objek. Namun itu adalah tugas besar yang harus diselesaikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten yang dipimpinnya bersama dengan SKPD lainnya yang terkait seperti DCKTRESDM terkait tata ruang, DBMSDA terkait akses jalan, DISHUBKOMINFO terkait lalu lintas wisata, BPDB terkait penanggulangan bencana, dan lainnya, dikarenakan masalah pariwisata mencakup berbagai aspek dan tiap objek wisata memiliki karakter dan kebutuhan masing-masing. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan bahwa pelajar Kabupaten Batang dapat lebih mengenal pariwisata di Kabupaten Batang.

Pada sesi terakhir diisi materi pengenalan paket wisata daerah yang ditawarkan oleh biro perjalanan Aneka Usaha, MIPA Tour & Travel, dan Mitra Kartika Tour. Berbagai paket ditawarkan untuk mempermudah dan meningkatkan kunjungan wisata dari sekolah-sekolah di Kabupaten Batang.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke Google Plus

Komentar

Tulis Komentar

Log In Facebook Untuk Tulis Komentar