KENALKAN WISATA, MBOLANG BARENG DUTA WISATA SE-JATENG

Paguyuban Sekar Gading bersama Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang sukses mengajak para Duta Wisata Se Jawa Tengah mengexplore wisata di Kabupaten Batang pada 14-15 Desember 2019. 

Sekar Gading, paguyuban alumni para finalis Mas & Mbak Duta Wisata Kabupaten Batang serta menjadi Mitra Kerja dari Promosi Pariwisata di Kabupaten Batang yang juga sekaligus merupakan binaan dari Disparpora Kab. Batang sangat baik membuat gebrakan dari program kerja yang mampu mendorong pesatnya pengelan wisata yang ada di Kabupaten Batang dengan kegiatan “Mbolang Mbatang” setiap tahunnya.

Pada “Mbolang Mbatang” yang ketiga kali ini dikemas dalam bentuk Jambore Duta Wisata dengan Konten Perlombaan, Trip dan Study mengenai Potensi unggulan Produk hingga wisata. Penyelenggaraan kegiatan ini turut diikuti oleh peserta dari 20 perwakilan Kabupaten / Kota se Jawa Tengah dengan kurang lebih jumlah personil 60 orang.

Peserta diajak mengenali salah satu dari berbagai Potensi Wisata yang menjadi tujuan explore Kabupaten Batang meliputi Obyek Wisata Pantai Sigandu, Pagilaran, Sikembang serta Sektor pendukung dari produk unggulan lainnya yang juga menjadi daya tarik wisatawan, seperti Galangan Kapal, Batik Rifai’yah hingga Forest Kopi.

Kepala Disparpora Batang, Wahyu Budi Santoso menyampaikan dalam sambutannya, Mbolang Mbatang merupakan kegiatan yang teragendakan dalam kalender event Kabupaten Batang yang disusun oleh Dinas Pariwisata dalam mendukung program Visit Batang Year 2022 mendatang.

“Sebagai Pembina dari Duta Wisata, kami Disparpora Batang telah menggangap rekan-rekan Duta Wisata ialah SDM yang unggul dalam menciptakan inovasi dan kreativitas kegiatan untuk turut berkontribusi bagi daerahnya, seperti Kegiatan Mbolang Mbatang ini yang merupakan langkah promosi melalui explore wisata yang ada di Kabupaten Batang.” Ungkapnya.

Tidak hanya itu, dengan konsep kemasan Jambore Duta Wisata kali ini. Harapannya, para peserta tidak memiliki persepsi untuk melihat kegiatan ini sebagai kompetisi antar daerah melainkan menjadikan ini sebagai ajang reuni dari para alumni dan finalis yang akan melebur menjadi kelompok influencer yang akan mengangkat nama Kabupaten Batang.

Dalam kesempatan yang sama turut hadir Bupati Batang Wihaji yang sekaligus membuka acara, dalam sambutannya mengatakan “sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang digagas baik oleh Paguyuban Sekar Gading  ini tuk dijadikan ajang silaturahmi antar daerah yang semangatnya membangun kekuatan baru dalam peran seorang Duta dengan mengubah persepsi yang selama ini dianggap, Duta wisata hanya sebagai Pager Ayu harus diubah dengan kualitas yang mampu menciptakan sebuah inovasi dengan gagasan yang kreatif dalam mempromosikan potensi dan keunggulan lainnya pada masing-masing daerah.” Jelasnya.

Dalam penjelasannya pula, Bupati Batang menuturkan Kabupaten Batang memiliki program Visit Batang 2022 dengan target kunjungan wisatawan dan investasi di sector ekonomi serta melalui kegiatan ini disampaikan yang juga sebagai alat pengenalan, bahwa “Kabupaten Batang memiliki Program unggulan dalam sector Pariwisata dengan sebutan 4 Si yaitu Sigandu, Sikuping, Sikembang dan Silurah yang mana keempat icon tersebut mampu mewakili karakteristik masing-masing yang potensial dari Kabupaten Batang sehingga menjadi daya tarik wisata yang potensial di Jawa Tengah.” Imbuhnya.

 

 

23 Desember 2019 Eka Dibaca 633 Kali

Bagikan ke Jejaring Sosial