Pokdarwis Ganesha dan Cokro Kembang Dikukuhkan

Wakil Bupati Batang, H. Soetadi, S.H., M.M., Kamis 18 Februari 2016 mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Ganesha dari Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal dan Cokro Kembang dari Desa Mentosari Kecamatan Gringsing. Sosialisasi dan Pengukuhan POKDARWIS ini dilakukan di Ruang Pertemuan Hotel Sendang Sari Batang. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan POKDARWIS di Kabupaten Batang.

Kepala Bidang Promosi dan Pengembangan SDM Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang, Karunia Endah Sabati, S.E., bertindak sebagai panitia penyelenggara melaporkan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman Kelompok Sadar Wisata  tentang arti sadar wisata dan Sapta Pesona dan mengimplementasikan  dalam kehidupan sehari-hari, mengerti dan memahami makna pembangunan pariwisata, mengerti tentang dampak positif maupun negatif dari pengembangan pariwisata, dan mendorong / memotivasi masyarakat untuk meningkatkan daya tarik pariwisata.

Wakil Bupati Batang, H. Soetadi, S.H., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Batang banyak memiliki potensi wisata alam. Di daerah lain, potensi alam dapat membangkitkan ekonomi warga sekitarnya jika dikelola dengan baik. Pengembangan wisata sebaiknya tidak berorientasi pada budaya luar namun pada budaya lokal yang ada di tempat tersebut. Pengembangan wisata dapat menjadikan multiplayer effect bagi pelaku wisata dan pendukungnya, masyarakat, dan pemerintah. Masyarakat sangat berperan dalam mengelola pariwisata tersebut.

Sesi sosialisasi diisi oleh Pengurus POKDARWIS Argo Binangkit dengan materi Keorganisasian POKDARWIS dan  Sapta Pesona serta Sadar Wisata dan Ekonomi Kreatif. Dan Bapak H. Supomo, S.E. dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah mengisi materi Pentingnya Sadar Wisata bagi Pelaku Wisata dalam Pengembangan Pariwisata. Disampaikan bahwa Pariwisata dapat berjalan dengan baik apabila masyarakat lokal, swasta, dan pemerintah dapat menjalin kerjasama dengan baik. Dalam hal ini POKDARWIS sangat berperan. Oleh karena itu harus memperhatikan dan mengoptimalkan posisi, potensi dan peran masyarakat.

Di akhir waktu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang, Bapak Bambang Supriyanto, S.H., M.Hum., membuka kesempatan sharing dengan semua POKDARWIS yang hadir. Dalam diskusinya diusulkan adanya pembentukan lembaga atau badan hukum di setiap POKDARWIS dan kegiatan ditingkat Kabupaten untuk mengakomodir permasalahan yang terjadi di masing-masing POKDARWIS.

19 Februari 2016 Lukman Dibaca 646 Kali

Bagikan ke Jejaring Sosial