Situs Brokoh

Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.


Deskripsi

Di desa Brokoh kecamatan Wonotunggal terdapat situs Brokoh yang dikenal dengan situs Batu Gajah. Ditemukan Arca Gajah yang memuat epos Karivaradha, yoni, dan Arca Dwarapala. Batu gajah yang ada merupakan gaya pasemah dari masa peralihan prasejarah ke Hindu-Budha. Karivarada sangat jarang dijumpai di Indonesia. Bahkan ada yang menyebutnya hanya ada di Batang dan Negara India. Namun menurut diskusi pada saat kegiatan Temu Pusaka Indonesia 2014, ternyata cagar budaya ini juga ditemukan di daerah Sumatera. Berdasarkan bentuknya, cagar budaya ini masih terpengaruh India.

Jenis Cagar Budaya

Situs Cagar Budaya adalah lokasi yang berada di darat dan/atau di air yang mengandung Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, dan/atau Struktur Cagar Budaya sebagai hasil kegiatan manusia atau bukti kejadian pada masa lalu.

Masa Cagar Budaya

Cagar Budaya ini termasuk Masa Klasik (Hindu - Buddha)

Peta Lokasi Penemuan

Lokasi Pelestarian

Desa Brokoh, Wonotunggal

Berbagi Ke Media Sosial

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke Google Plus

Kesan Pengunjung

Tulis Kesan

Log In Facebook Untuk Tulis Komentar