MEMBANGUN STAKEHOLDER PARIWISATA MELALUI POKDARWIS

Kepala Disparpora Batang Wahyu Budi Santoso, S.Sos., MM. menyampaikan paparan mengenai kepariwisataa

Batang - Telah terselenggara dalam agenda rutin tahunan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang, Jambore Kelompok Sadar Wisata.

Pelaksanaan yang berdasar pada program kerja Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang tersebut bertujuan untuk Mendorong / memotivasi masyarakat untuk meningkatkan daya tarik pariwisata dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan para anggota Pokdarwis ( Kelompok Sadar Wisata ) dalam bidang Kepariwisataan hingga Meningkatkan Peran Pokdarwis dalam pengembangan potensi wisata serta Pengelola Obyek Wisata dan Masyarakat sekitar tentang Kepariwisataan di Desa Wisata.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebelum terselenggaranya kegiatan Jambore ini yaitu, Pembinaan serta pengukuhan Pokdarwis baru yang dalam perkembangannya menyesuaikan perkembangan pembangunan potensi di sektor wisata. Rangkaian kegiatan yang di gelar ini Disparpora Batang turut mengundang Alif Faozi sebagai pembicara, beliau adalah tokoh Pariwisata dari Dieng, Jawa Tengah dan sebagai Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Batang 26 Februari 2018.

Penerima penghargaan Internasional terkait pengelolaan Desa Wisata (homestay) terbaik dari ASEAN Tourism Forum, Alif Faozi menuturkan “Pokdarwis harus mampu mengembangkan inovasi Pariwisata yang mengedepankan kepentingan masyarakat dan bukan golongan tertentu dalam berproses membangun inovasi Pengembangan Obyek Wisata yang dikelola”.

Adapun Pokdarwis yang dikukuhkan saat itu adalah :

-       Pokdarwis Polowono, Desa Lobang, Kecamatan Limpung

-       Pokdarwis Patran, Desa Kebaturan, Kecamatan Bawang

-       Pokdarwis Damar Asri, Desa Deles, Kecamatan Bawang

-       Pokdarwis Kompak, Desa Pacet, Kecamatan Reban

-       Pokdarwisa Genting Asri, Desa Bawang, Kecamatan Blado

-       Pokdarwis Jembatan Buntu, Desa Sengon, Kecamatan Subah

-       Pokdarwis Tombo, Desa Tombo, Kecamatan Bandar

-       Pokdarwis Sijeglong, Desa Margosono, Kecamatan Tersono

Pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Bupati Batang, Wihaji yang dalam sambutannya juga menyampaikan “Perlunya penataan kelembagaan yang solid terhadap stakeholder Pariwisata seperti Pokdarwis karena hal ini adalah penting untuk perkembangan pembangunan sektor Pariwisata setempat atau lokal agar mampu menjadi daya tarik yang mumpuni”.

Terakhir yang menjadi rangkaian acara tersebut adalah Jambore Pokdarwis yang diikuti oleh para Pegiat Pokdarwis se-Kabupaten Batang dan dikemas dengan konsep paparan potensi masing – masing daerah wisata yang di kembangkan oleh para anggota Pokdarwis, Apresiasi Seni, dan Outbond Setelah Jambore ini diadakan Pembinaan oleh Disparpora Batang, Bidang Promosi dan Pengembangan SDM Ekraf untuk dikirim pada acara Konvensi tingkat Provinsi. Sikembang, 7 Maret 2018.

Pada Kesempatan tersebut Kepala Disparpora Batang Wahyu Budi Santoso menyampaikan bahwa “Ajang ini bukan hanya menyuguhkan paparan dan pembinaan saja, melainkan ajang pemersatu antar Pokdarwis dalam membantu berkreasi mengembangkan inovasi serta menjadi ajang silahturahmi dalam penyamaan persepsi, Persepsi tentang Pariwisata Batang yang sekarang ini sedang gencar promosi mengenai Tahun Kunjungan Wisata Batang 2022”.

Harapannya kegiatan ini tidak hanya menjadi rutinitas agenda tahunan saja, namun menjadi salah satu agenda yang mampu memberi pengalaman dalam pengembangan sektor wisata dan memperkuat semua elemen yang menjadi tolok ukur pesatnya perkembangan dalam pembangunan Pariwisata.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke Google Plus

Komentar

Tulis Komentar

Log In Facebook Untuk Tulis Komentar