Peringatan Hari Santri 2024

Batang, 22 Oktober 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Santri 2024, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar apel besar yang berlangsung di Lapangan Pendopo Kabupaten Batang. Acara ini dipimpin oleh Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo, S.I.K., M.H., , yang juga merupakan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA) Kabupaten Batang.

Apel yang dihadiri oleh ratusan santri, tokoh agama, dan masyarakat setempat ini berlangsung khidmat. Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Nur Cahyo, S.I.K., M.H., membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia mengharap santri masa kini meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Santri tahun ini mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meneruskan perjuangan para ulama dan santri dalam membangun bangsa.

“Menyambung juang bukan hanya berarti mengenal, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena,” ucap Menag.

Menurutnya, jika para kiai dan santri dahulu melahirkan banyak jenderal, maka pasca kemerdekaan, perjuangan kita disini harus banyak melahirkan professor dan para intelektual.

“Jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekedar menjaganya, melainkan juga berkontribusi di dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik,” lanjutnya.

Menag menilai masa depan Indonesia salah satunya ada pada pundak santri. Momentum Hari Santri tahun 2024 ini memperkuat komitmen dalam merengkuh masa depan dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

“Santri harus percaya diri, karena Santri bisa menjadi apa saja, Santri bisa menjadi Presiden dan kita punya Presiden yang berlatar belakang Santri yaitu Kiai Haji Abdul Rahman Wahid atau yang kita kenal dengan Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden Dan kita punya wakil presiden berlatar belakang Santri Yaitu Kiai Haji Ma'ruf Amin,” ucapnya.

Santri bisa menjadi apa saja Asalkan terus berjuang, terus berusaha dan tidak menyerah Semua pasti bisa diraih. “ Rengkulah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan bangsa Indonesia,” ajaknya.

Ia pun mengatakan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren, namun milik semua golongan. Karena itu, Ia mengajak kepada seluruh untuk turut serta merayakan hari santri.

Menag berharap resolusi jihad saat ini, bisa membangkitkan semangat semua elemen bangsa khususnya santri untuk terus terus berjuang melawan semua ancaman, terutama yang sifatnya bukan fisik yang bahkan lebih sulit dideteksi.

Masyarakat Batang antusias mengikuti rangkaian acara yang diharapkan dapat memperkuat rasa kebersamaan dan cinta tanah air. Peringatan ini juga menjadi momentum bagi santri untuk terus berkarya dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Dengan semangat kebersamaan, diharapkan Hari Santri dapat menjadi pendorong bagi semua elemen untuk saling mendukung dan bersinergi dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan produktif di Kabupaten Batang.

23 Oktober 2024 arinnovi Dibaca Kali

Bagikan ke Jejaring Sosial