SELAIN PERLOMBAAN, JAMBORE MENJADI AJANG SILATURAHMI ANTAR POKDARWIS

Rabu, 24 Maret 2021. Disparpora Kab. Batang menyelenggarakan Jambore FK Pokdarwis Tingkat Kabupaten Batang Tahun 2021 di Desa Wisata Sodong. Disparpora Kab. Batang berfungsi sebagai pendanaan dan pengawasan kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku bagi peserta yang mengikuti Jambore maupun yang hadir sebagai tamu undangan. Pembukaan acara diwakili oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kab. Batang Bapak Suprayitno, S.Kar, M.Si dengan pembacaan dasar-dasar pelaksanaan sekaligus membuka Giat Jambore FK Pokdarwis Tingkat Kab. Batang Tahun 2021.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Perwakilan Disporapar Jateng, Bapak Supomo, SE, M.Mpar. Dalam sambutannya Beliau berharap agar FK Pokdarwis yang mengikuti Giat Jambore Pokdarwis ini mampu memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang untuk berbagi ilmu dan pengamalan dengan Pokdarwis lainnya serta sebagai ajang silahturahmi.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kadisparpora Kab. Batang Bapak Wahyu Budi Santoso, S.sos, MM. Setelah beberapa tahun Giat Jambore Pokdarwis tertunda karena lain hal, akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana kembali. Beliau menyatakan Pokdarwis merupakan salah satu elemen yang terpenting dalam partisipasi peningkatan SDM agar dapat membantu pembangunan pariwisata di masing - masing daerah Pokdarwis. Menurutnya, Jambore Pokdarwis bukan ajang untuk menjadi juara melainkan ajang untuk bersilahturahmi dan saling memberikan informasi. Dalam pembangunan pariwisata, tidak hanya unsur 3A saja, tetapi juga membutuhka komitmen, kerjasama dan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan stakeholder pariwisata. Beliau berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh peserta, kedepan harapannya 29 Pokdarwis dapat hadir mengikuti lomba agar ikut serta berpartisipasi membangkitkan semangat dalam membangun pariwisata karena kegiatan ini sangat penting dalam upaya peningkatan pembangunan pariwisata di masing - masing daerah Pokdarwis.

Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta Pokdarwis se Kabupaten Batang. Masing - masing kelompok terdiri dari 3 anggota peserta dan 1pendamping.

Adapun penilaian Jambore Pokdarwis Kabupaten Batang terdiri dari :

1. Profil Pokdarwis

2. Tes Tertulis

3. Study Kasus

4. Paparan Profil Pokdarwis, Tanggap Sapta Pesona dan Program Kerja Pokdarwis.

Dari keempat penilaian tersebut, masing - masing mempunyai bobot nilai konvensi Pokdarwis yang kemudian pada akhir nilai diakumulasikan untuk mendapatkan juara 1 sampai dengan juara 6.
Dewan Juri dalam kegiatan ini adalah Perwakilan Disporapar Provinsi Jateng, Disparpora Kabupaten Batang dan Pelaku Pariwisata. Jambore Pokdarwis selain menjadi ajang lomba juga menjadi wadah untuk bersilahturahmi, berbagi ilmu dan pengalaman antar Pokdarwis serta saling mengetahui potensi - potensi wisata kelompok yang lain, Sehingga mampu membangkitkan pembangunan pariwisata di masing - masing daerahnya.

Jambore Pokdarwis Tingkat Kab. Batang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan ditempat wisata menjadi prima dan sesuai protokol kesehatan yg dianjurkan Pemerintah sebagai bagian dari aset yg diunggulkan untuk mendapatkan pendapatan asli daerah. Objek wisata di Kabupaten Batang harus terus dikembangkan agar semakin menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Jambore Pokdarwis bukan sekedar kompetensi melainkan juga sebagai sarana untuk meningkatkan citra sebagai salah satu tujuan wisata utama di Kab. Batang. Peserta Jambore Pokdarwis dapat belajar sekaligus berdiskusi untuk pengembangan wisata. Diharapkan Jambore Pokdarwis ini tidak hanya berkompetensi tetapi juga belajar bersama memperluas jejaring untuk saling mempromosikan wisata di daerah masing - masing.

Dalam Surat Keputusan Dewan Juri Jambore Pokdarwis Tingkat Kab. Batang tahun 2021 memutuskan pemenang Lomba Konvensi Jambore Pokdarwis Kab. Batang Tahun 2021 adalah sebagai berikut :

Pemenang 1 : Pokdarwis Arum Sari

Pemenang 2 : Pokdarwis Bombat

Pemenang 3 : Pokdarwis Pantai Jodo

Pemenang Harapan 1 : Pokdarwis Pesona Alami

Pemenang Harapan 2 : Pokdarwis Ganesha

Pemenang Harapan 3 : Pokdarwis Ujung Jaya

Jejaring promosi harus tercipta di wilayah Kabupaten Batang. Sebab, sebuah daerah tidak bisa berjalan sendiri untuk memasarkan wisata unggulannya. Semakin luas jejaring dan promosi semakin banyak kunjungan wisatawan masuk di Kabupaten Batang. ( Purda Arum | Eka )

06 April 2021 Eka Dibaca 72 Kali

Bagikan ke Jejaring Sosial