GELAR PENTAS WAYANG GOLEK SEBAGAI UPAYA GEMPUR ROKOK ILEGAL

Batang, 29 Agustus 2021 - Dalam rangka sosalisasI Gempur Rokok Ilegal, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang berkolaborasi dengan Bea dan Cukai Tegal pada gelaran Pentas Wayang Golek sebagai langkah sosialisasi Gempur Rokok Ilegal. 


Gempur Rokok Ilegal merupakan salah satu Kampanye dari Bea dan Cukai yang merupakan bentuk komitmen untuk membasmi rokok ilegal. Kampanye ini diwujudkan dengan bantuk sosialisasi, edukasi dan penindakan. Gempur Rokok Ilegal ini direalisasikan untuk mengamankan hak-hak negara, khususnya di bidang cukai. 


Pentas Wayang Golek kali ini dibawakan oleh dalang Ki Canus Wahyudin yang mengisahkan “Sunan Kalijogo Medar Wangsit”. Tema ini diangkat sebagai bentuk apresiasi mengingat tradisi masyarakat jawa yang masih kental terhadap adat dan budaya Islamnya seperti perayaan yang jatuh pada bulan ini yaitu bulan Sura atau Muharram. Sehingga maksud dari tema tersebut, dikisahkan seolah wangsit yang disebarkan adalah sosialisasi Gempur Rokok Ilegal yang mana sosialisasi ini merupakan langkah positif yang harus kita kerjakan. 


Kegiatan Pentas Wayang Golek ini juga dihadiri oleh Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah, bea dan Cukai Tegal serta beberapa Kepala OPD pada jajaran Pemerintah Kabupaten Batang.   Pada kegiatan ini dalam sambutannya, Kepala Disparpora Kab. Batang Bapak Wahyu Budi Santoso, S.Sos, MM. menyebutkan, nantinya saat pentas Wayang Golek, Dalang membawakan cerita dengan petuah yang diharapkan bisa menjadi pedoman hidup penonton dan dipertengahan cerita, terjadi dialog interaktif antara Dalang dan narasumber Bea dan Cukai juga Biro Perekonomian untuk mensosialisasikan seputar Gempur Rokok Ilegal kepada penonton. Pada saat dialog interaktif terjadi, narasumber dari Bea dan Cukai menjelaskan beberapa point penting yang harus diwaspadai para konsumen rokok agar tidak memberli rokok ilegal dan dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan masyarakat bisa lebih waspada terhadap peredaran rokok ilegal dan bersama-sama menggepmpur peredaran rokok ilegal.


Acara ini disponsori oleh Bea dan Cukai Tegal dan dihadiri oleh beberapa perangkat OPD. Pentas Wayag Golek berlangsung di Aula Kantor Bupati Batang dan tayang secara Live di Youtube Pemkab Batang. 


Bagi masyarakat yang ingin melapor terkait peredaran rokok atau barang ilegal dapat melapor ke Sekretaris Daerah Perekonomian Kabupaten Batang. (Aurel | Eka)

31 Agustus 2021 Eka Dibaca Kali

Bagikan ke Jejaring Sosial