KEMBANGKAN EKONOMI KREATIF, KEMENTERIAN PARIWISATA ADAKAN SERTIFIKASI BATIK DI KABUPATEN BATANG

Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif berbasis Kompetensi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berlangsung pada 5 s/d 7 Oktober 2020 di Hotel Sendang Sari, yang dihadiri oleh 100 tenaga pembatik tulis kriya Kabupaten Batang.

Ekonomi Kreatif memiliki 16 Sub Sektor yang sedang dikembangkan dan Batik termasuk dalam salah satu Sub Sektor Unggulan yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Dengan dikembangkannya Potensi Sumber Daya Manusia serta Produk pada sektor Ekonomi Kreatif inilah yang dapat menjadi salah satu faktor pengembangan  dalam membantu proses peningkatan kualitas ekonomi saat pandemic Covid-19. Selain itu juga para pembatik tulis diharapkan dapat terus meningkatkan kreatifitas promosi dan daya saing dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosial.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik, Subagyo mengatakan Pelatihan ini diadakan sebagai bentuk pengakuan yang diberikan oleh Negara kepada pembatik tulis Kabupaten Batang yang nantinya akan diuji dengan 3 kriteria penilaian yaitu keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Setelah mengikuti uji kompetensi dan dinyatakan lulus maka para tenaga pembatik akan mendapat sertifikat dan namanya akan tercantum dalam di website dan data Kementrian Pariwisata sebagai bukti bahwa mereka telah menguasai skema yang diujikan. (Eka | Faradina Hayyu)

13 Oktober 2020 Eka Dibaca Kali

Bagikan ke Jejaring Sosial