KEMBANGKAN JEJARING KELOMPOK SADAR WISATA, DISPARPORA BATANG KUKUHKAN PENGURUS FK ( FORUM KOMUNIKASI

    Bertempat di Aula Agrowisata Pagilaran, Blado - Batang, telah terselenggara Acara pengukuhan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang. Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh Kepala Disparpora Wahyu Budi Santoso, S.Sos, MM yang sebelumnya diwakili oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Suprayitno S.Kar, M.Si yang didampingi oleh Kabid Pemasaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif Ibu Atik Supriatini, SH, M.Si, Kabid Pengembangan Destinasi Bapak Rasmuji S.S , MM, Kabid Kepemudaan dan Olahraga Bapak Siswanti S.H serta para Kasi Disparpora Batang.

    Pada acara Pengukuhan ini setidaknya dihadiri oleh keterwakilan dari 29 Pokdarwis yang ada di Kabupaten Batang. Pembacaan Surat Keputusan Kepala Disparpora Kabupaten Batang tentang Pembentukan Forum Komunikasi Pokdarwis dibacakan oleh pembaca acara Asayuta Nisaulhaya yang selanjutnya Naskah Pengukuhan dibacakan oleh Sekretaris Disparpora Batang Bapak Suprayitno S.Kar M.si. Pembacaan Naskah Pengukuhan 29 Pengurus Pokdarwis diwakili oleh 10 pengurus Pokdarwis sebagai penerapan protokol kesehatan. Dalam mengukuhkan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Batang Tahun 2021 ini, Bapak Bupati berharap semoga Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata ini :

  1. Dapat Meningkatkan Kerjasama Dan Koordinasi Antar Kelompok Sadar Wisata,
  2. Membantu Pemerintah Daerah Dalam Mensukseskan Berbagai Program Pembangunan Di Bidang Kepariwisataan Dalam Rangka Memajukan Kesejahteraan  Masyarakat,
  3. Sebagai Sarana Diskusi Untuk Pembangunan Dan Pengembangan Kepariwisataan Daerah
  4. Mengembangkan Dan Melestarikan Budaya Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,
  5. Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Yang Maju, Mandiri, Dan Bermartabat Secara Adil Dan Makmur Serta Sejahtera Lahir Dan Batin.

Acara selanjutnya peresmian yang diiringi dengan penandatangan Naskah Pengukuhan oleh Sekretaris Dinas Bapak Suprayitno S.Kar M.si. dan disaksikan oleh ketiga para Kabid.

    Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Bapak Suprayitno S.Kar M.si mengharapkan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Batang memiliki semangat membangun pariwisata dengan menonjolkan budaya lokal dan lebih meningkatkan kesadaran tentang unsur-unsur Sapta Pesona agar dapat secara maksimal mengembangan pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat lokal.

    Selain itu juga diharapkan dalam pembentukan Kelompok Sadar Wisata agar lebih jauh melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang dalam hal persyaratan administratif dan kepengurusan. Serta berharap Forum Komunikasi ini dapat bermanfaat dalam berpartisipasi mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh kembangnya kepariwisataan di Kabupaten Batang.

    Adapun dalam akhir acara pembukaan Pengukuhan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Batang Tahun 2021 yang dilakukan dengan sesi poto bersama oleh Sekretaris Dinas Bapak Suprayitno S.Kar M.si. dan didampingi oleh ketiga para Kabid.

    Acara dilanjutkan pada sore hari yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang Bapak Wahyu Budi Santoso, S.Sos. MM. Beliau menyampaikan bahwa Pengukuhan Forkom Pokdarwis menjadi awal bagi desa wisata untuk menyusun rencana kerja pengembangan pariwisata. Pokdarwis merupakan pengembangan pariwisata berbasis kemasyarakatan sehingga diperlukan peran aktif dari Forkom Pokdarwis agar pariwisata berkembang sesuai target. Saat ini Kabupaten Batang memiliki 29 kelompok sadar wisata.

    Dalam arahannya Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang menyampaikan jika Pokdarwis harus berinovasi untuk menjaga keberlangsungan desa wisata tetap diminati wisatawan. Desa wisata dalam berbagai konsep positif didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Purda Arum | Eka)
21 Maret 2021 Eka Dibaca 33 Kali

Bagikan ke Jejaring Sosial